.googlezet{margin:15px auto;text-align:center}

TUGAS KULIAH || Kewirausahaan. Jasa Desain Grafis dan Percetakan

-- --
Jasa desain grafis dan percetakan oleh zainudin ali arsyad
















BAB I
PENDAHULUAN

A. JASA DESAIN GRAFIS DAN PERCETAKAN

1. Latar Belakang dan Motivasi Melakukan Usaha
1.1 Latar Belakang
Pada perkembangannya desain grafis semakin populer dikenal hampir semua kalangan masyarakat. Hampir setiap orang bisa menguasai ilmu desain grafis ini, mulai dari anak - anak hingga orang dewasa . 
Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya Desain Grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol - simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat meunjuk kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan, ataupun desain yang digunakan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk didalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Teknologi Desain Grafis dimulai pada pertengahan 1980, kedatangan dekstop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya dengan tangan atau komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah sistem desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.

1.2 Motivasi Melakukan Usaha
a. Mengembangkan jiwa wirausaha dan melatih kemandirian dengan membuka usaha sendiri
b. Mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh
c. Menjadi manusia yang bermanfaat mulai dari diri, keluarga, dan lingkungan sekitar.


1.3 Tujuan usaha yang hendak dicapai
Tujuan usaha yang hendak dicapai adalah:
a. Menumbuh kembangkan jiwa wirausaha mahasiswa
b. Membuat usaha yang menguntungkan dan berkelanjutan
c. Memanfaatkan peluang
d. Mengaplikasikan mata kuliah kewirausahaan



BAB II
PEMBAHASAN
I. ANALISIS PASAR
1. Profil konsumen
a. Mahasiswa dan dosen uninus khususnya seringkali mengadakan kegiatan seperti seminar, worksow, diskusi publik, rapat dan kegiatan-kegiatan lain yang kadang membutuhkan spanduk, pamflet, sertifikat stiker, ping, kartu nama dan hal-hal lain yang berhubungan dengan publikasi dan dokumentasi kegiatan tersebut namun sayangnya hal semacam spanduk, sertifikat dan lain-lain seringkali mahasiswa dan atau dosen kerepotan dalam hal mendesain dan mencetak karena harus keluar kampus untuk mencari tempat desain dan percetakan. Oleh karena itu sengaja kami mengadakan usaha desain dan percetakan sebagai alternatif untuk meminimalisir permasalahan diatas. 

2. Potensi dan Segmentasi Pasar
2.1 Potensi Pasar
a. Mahasiswa dan Dosen-dosen Uninus yang merupakan kantong massa di Uninus, sebagai pasar yang produktif dalam mengadakan jasa desain dan percetakan.
b. Banyaknya kegiatan- kegiatan intra maupun extra kampus uninus saat ini menyebabkan semakin banyak yang memakai dan memanfaatkan jasa desain dan percetakan sebagai ruang publikasi dan dokumentasi.
c. Di era informasi seperti sekarang ini, banyaknya mahasiswa dan dosen uninus khususnya akan semakin banyak yang memanfaatkan jasa desain dan percetakan dalam memasarkan kegiatan-kegiatan atau produk-produknya.
2.2 Segmentasi Pasar
Segmen utamanya adalah mahasiswa dan dosen di Kampus Uninus, Mahasiswa Kampus Mandala, Mahasiswa Kampus UIN SGD, Mahasiswa Kampus STAIE dan organisasi-organisasi Extra yang dilingkngan kampus Uninus, UIN SGD, Kampus STAIE dan Kampus Mandala
3. Justifikasi Pemilihan Obyek Usaha
Selain investasi yang dibutuhkan untuk usaha ini terbilang sangat minim, usaha desain grafis dan Percetakan ini cocok juga dikembangkan di banyak segmen, dari mulai home industri, tempat usaha yang strategis seperti pusat keramaian, sekolah, kampus 
Lokasi usaha di sekitar kampus Uninus merupakan tempat yang sangat strategis, selain berada di pusat kota, lokasi ini juga belum ada mahasiswa kampus uninus yang menggarap usaha ini. Hal ini merupakan potensi yang sangat mendukung dari usaha ini.




4. Pesaing dan Peluang Pasar
4.1 Pesaing
No
Nama Pesaing
Produk yang ditawarkan
1
Max Print
Desain grafis dan Percetakan
2
Ekspres Print
Desain grafis dan Percetakan
3
Tim Saiber
Desain
4.2 Peluang Pasar
Melihat hasil analisis pesaing serta potensi permintaan pasar yang cukup besar, kita masih memiliki peluang yang cukup besar. Dengan pelayanan jasa desain dan percetakan tanpa minimum order serta tempat yang strategis bisa menjadi peluang untuk bisa bersaing dengan pemain lama yang ada di pasar.

II. ANALISIS PRODUK
1. Jenis, Nama Produk
a. Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
1. Destop Publishing
Adobe Photoshop
Adobe Illustrator
Adobe Indesign
Coreldraw
Inkscape
Adobe image ready
Adobe Page Maker
2. Audiovisual
Adobe After Effect
Adobe Premier
Ulead Video Studio
Magic Movie Edit Pro
3. Rendering 3 Dimensi
3D StudioMax
AutoCad
b. Mesin Percetakan dan Manfaatnya
Mencetak spanduk dengan berbagai macam ukuran
Mencetak Sertifikat
Mencetak Sitek dan Ping
Mencetak Poster
Mencetak Pamflet dan lain-lain
(Untuk mesin cetak kami membangun kerjasama dengan link percetakan diluar kampus)
c. Keunggulan Mendesain
Tanpa minimum order, sehingga pelanggan dapat memesan sesuai kebutuhan dan anggaran mereka.
Dapat dikerjakan secara cepat atau instant (15 menit jadi).
Bisa di tunggu
Dalam mendesain produknya ada beberapa alat yang harus dibutuhkan antara lain:
1) Komputer dengan beberapa sofware :
Adobe Photoshop
Adobe Illustrator
Adobe Indesign
Coreldraw
Inkscape
Adobe Freehand
Adobe image ready
Adobe Page Maker
2) Audiovisual
Adobe After Effect
Adobe Premier
Ulead Video Studio
Magic Movie Edit Pro
3) Rendering 3 Dimensi
3D StudioMax
AutoCad

2. Media promosi yang akan digunakan
Media-media promosi yang akan digunakan melalui;
a. Spanduk
Dipasang di depan Himpunan Mahasiswa Bahasa & Sastra Indonesia sebagai tempat Nongkrong Mahasiswa Prodi Bahsa Indoenesia
b. Pamplet
disebarkan di mading-mading organ intra UNINUS, UIN, MANDALA,STAIE dan tempat-tempat strategis seperti halaman kampus dan tempat-tempat keramaian / perkumpulan mahasiswa 
c. Manusia
Menggunakan teknik word of mouth (mulut ke mulut), pemberitahuan dari teman ke teman yang lain mengenai usaha yang dijalankannya, serta minta referensi dari pelanggan siapa yang biasa menggunakan layanan jasa desain dan percetakan.
d. SMS (Short Message Service) dari Handphone atau Internet
Mengirim SMS kepada teman, saudara, atau kerabat mengenai bisnis ini. 
3. Target Atau Rencana Penjualan Satu Tahun
Adapun target kami menjadikan beberapa tahap pencapaian setelah melihat segmen yang kami bidik :
a. Triwulan pertama
1) 40%  Mahasiswa dan Dosen Uninus, UIN, Mandala dan STAIE dan beberapa organisasi extra yang ada disekitar empat kampus diatas
b. Triwulan kedua
1) 65% Mahasiswa dan Dosen Uninus, UIN, Mandala dan STAIE dan beberapa organisasi extra yang ada disekitar empat kampus diatas
2) Pendekatan ke Kampus-kampus lain
3) Mempertahankan pelanggan yang sudah ada
c. Triwulan ketiga
1) Mempertahankan target triwulan pertama, kedua dan meningkatkannya
2) Pendekatan ke kampus-kampus lain
3) Mempertahankan pelanggan
d. Triwulan keempat
1) Mempertahankan triwulan pertama, kedua, ketiga dan meningkatkannya
2) Mempertahankan pelanggan
3) Persiapan modal untuk penambahan peralatan dan pengembangan usaha

4. Strategi Pemasaran Yang Akan Diterapkan
Adapun strategi yang ingin diterapkan menurut konsep Michael Porter, yaitu;
a. Tempat
Memilih tempat strategis di sekitar kampus Uninus
b. Strategi produk
1. Menyediakan layanan jemput antar untuk pelanggan di dalam kota
2. Melayani pesanan melalui telepon
3. Menyediakan konsultasi tentang desain
4. Memberikan diskon produk
c. Biaya rendah
Strategi ini bukan berarti kami mengurangi margin laba tetapi kami mencoba untuk mempertahankan pelanggan yang lama agar tidak melirik ke produsen lain.

IV. ANALISIS PRODUKSI DAN OPERASI
1. Bahan baku bahan penolong dan peralatan yang digunakan
a. Komputer dengan spesifikasi:
- Intel Pentium IV
- Hard disk 800 GB
- RAM 512 MB
- CD RW
- 3D AGP graphics 64MB
b. Kertas-kertas:
1) Flexi china
Bahan jenis ini agak halus dan agak tipis. Umumnya dipakai untuk mencetak Spanduk, Baliho, Umbul-Umbul, X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Photowall, Mini X-Banner, Wallpaper, Backdrop, Billboard, maupun Backwall. Bahan jenis ini seratnya agak halus dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) maupun diluar ruangan (Outdoor).
gramasi yang umum dipakai 230 s/d 400 gr. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 220cm, 250cm, 320cm dan 550cm.
2) flexi korea
Bahan jenis ini agak kasar agak tebal. Umumnya dipakai untuk mencetak Spanduk, Baliho, Umbul-Umbul, X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Photowall, Mini X-Banner, Backwall maupun Wallpaper.. Bahan jenis ini seratnya agak kasar agak tebal dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) maupun diluar ruangan (Outdoor).
gramasi yang umum dipakai 230 s/d 350 gr. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 250cm, 320cm dan 550cm.


3) flexi jerman
Bahan jenis ini lumayan kasar dan halus, dan bahannya ini juga lumayan tebal dari yang lainnya. Umumnya dipakai untuk mencetak Spanduk, Baliho, X-Banner, Mini X-Banner,  Roll Up, Y-Banner, I-Banner. Bahan jenis ini seratnya lumayan kasar dan halus dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) maupun diluar ruangan (Outdoor) karena bahannya yang lebih tebal
4) Albatros
Bahan jenis ini halus, tipis dan mengkilap. Umumnya dipakai untuk mencetak X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Poster. Bahan jenis ini seratnya agak halus dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dengan ditambahkan hasil finishing seperti laminating DOFF / GLOSSY supaya hasilnya lebih memuaskan. gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 90cm, 125cm, 150cm.
5) Luster
Bahan jenis ini agak kasar, lumayan tipis dan mengkilap. Umumnya dipakai untuk mencetak X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Poster. Bahan jenis ini seratnya agak halus dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) tidak perlu ditambahkan hasil finishing seperti laminating DOFF / GLOSSY karena seratnya yang kasar laminating tidak akan dapat menempel pada permukaanya. Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 90cm, 125cm, 150cm.
6) Glossy paper
Bahan jenis ini halus, tebal dan berwarna putih. Umumnya dipakai untuk mencetak X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Poster dan Foto. Bahan jenis ini seratnya halus dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dengan ditambahkan hasil finishing seperti laminating DOFF / GLOSSY supaya hasilnya lebih memuaskan. Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 90cm, 125cm, 150cm.
7) Sticker ritrama
Bahan jenis ini halus, tipis dan berwarna putih. Umumnya dipakai untuk mencetak pengunaan sticker yang terpasang dikaca, acrylik, triplek, di mobil dan lain sebagainya yang pada permukaan datar. Bahan jenis ini seratnya halus dan tipis cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (indoor) dan diluar ruangan (outdoor) dengan ditambahkan hasil finishing seperti laminating doff / glossy / floor grapik supaya hasilnya lebih memuaskan. Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 105cm, 125cm, 150cm.
8) Sticker transparan
Bahan jenis ini halus, tipis dan transparan. Umumnya dipakai untuk mencetak pengunaan sticker yang terpasang dikaca, acrylik, triplek, di mobil dan lain sebagainya yang pada permukaan datar. Bahan jenis ini seratnya halus dan tipis cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (indoor) dan diluar ruangan (outdoor) dengan ditambahkan hasil finishing seperti laminating doff / glossy supaya hasilnya lebih memuaskan. Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 105cm, 125cm, 150cm.

9) Sticker blockout
Bahan jenis ini halus, tipis dan berwarna hitam pada bagian perekatnya. Umumnya dipakai untuk mencetak pengunaan sticker yang terpasang dikaca, acrylik, triplek, di mobil dan lain sebagainya yang pada permukaan datar. Bahan jenis ini seratnya halus dan tipis cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (indoor) dan diluar ruangan (outdoor) dengan ditambahkan hasil finishing seperti laminating doff / glossy supaya hasilnya lebih memuaskan. Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 105cm, 125cm, 150cm.
10) Canvas
Bahan jenis ini agak kasar, tipis dan berwarna putih kekuning-kuningan. Umumnya dipakai untuk mencetak foto maupun media-media cetakan yang berbentuk poster. Bahan jenis ini seratnya agak kasar dan tipis cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (indoor). Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 105cm, 125cm, 150cm.
11) Flexi backlite china
Bahan jenis ini halus, tebal dan agak transparan. Bagian belakang seratnya agak kasar. Umumnya dipakai untuk mencetak neon box, sign board yang terpasang di depan lampu penerangan. Bahan jenis ini seratnya halus dan tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (indoor) maupun diluar ruangan (outdoor). Gramasi yang umum dipakai 250 s/d 300 gr. Untuk lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 220cm, 250cm, 320cm dan 550cm.
12) Flexi backlite korea
Bahan jenis ini halus, tebal dan agak transparan. Bagian belakang seratnya agak kasar dan berwarna kebiru-biruan. Umumnya dipakai untuk mencetak neon box, sign board yang terpasang di depan lampu penerangan. Bahan jenis ini seratnya halus dan tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (indoor) maupun diluar ruangan (outdoor). Gramasi yang umum dipakai 250 s/d 300 gr. Untuk lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 220cm, 250cm, 320cm dan 550cm.
13) Flexi backlite jerman
Bahan jenis ini halus, tebal dan agak transparan. Bagian belakang seratnya agak kasar dan berwarna putih. Umumnya dipakai untuk mencetak neon box, sign board yang terpasang di depan lampu penerangan. Bahan jenis ini seratnya halus dan tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (indoor) maupun diluar ruangan (outdoor).
Gramasi yang umum dipakai 250 s/d 300 gr. Untuk lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 220cm, 250cm, 320cm dan 550cm.
14) Clocth
Bahan jenis ini seperti kain permukaannya halus, sangat tipis. Umumnya dipakai untuk mencetak bendera, . Bahan jenis ini seratnya halus dan sangat tipis cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (indoor). 

15) Pvc
Bahan jenis ini kasar dan tebal. Bagian belakang seratnya halus. Umumnya dipakai untuk mencetak x-banner, y-banner, i-banner, roll up banner, mini x-banner dan poster maupun foto. Bahan jenis ini seratnya kasar dan tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (indoor). Gramasi yang umum dipakai standar pvc untuk lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 90cm, 125cm, 150cm.
16) Duratrans
Bahan jenis ini halus, tebal dan transparan. Umumnya dipakai untuk mencetak media neon box. Bahan jenis ini seratnya halus dan tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (indoor) dan diluar ruangan (outdoor) dengan ditambahkan hasil finishing seperti laminating doff / glossy supaya hasilnya lebih memuaskan. Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 105cm, 125cm, 150cm.
17) Mesh
Bahan jenis ini kasar, tebal dan permukaanya bolong-bolong. Umumnya dipakai untuk mencetak backdrop. Bahan jenis ini seratnya kasar, tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (indoor) dan diluar ruangan (outdoor). Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 220cm, 250cm, 320cm.
18) Sticker oneway
Bahan jenis ini halus, tebal dan permukaanya bolong-bolong. Umumnya dipakai untuk mencetak pengunaan sticker yang terpasang dikaca dan sejenisnya yang berbentuk transparan. Bahan jenis ini seratnya halus, tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dan diluar ruangan (Outdoor). Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 90cm, 105cm, 125cm dan 150cm.

2. Pasokan Bahan Baku
Proses produksinya kami bekerja beda dengan pihak lain;
a. Mitra Desain, Zainudin Ali Arsyad
Telepon : 08237431285
b. Komputer Sofware Desain, milik peribadi
c. Mesin Percetakan, menggunakan Link yaitu Maxprint Unjung Berung
Jl.A.H Nasution No. 301 Ujung Berung Bandung
Phone. (022) 63722946
maxprint.ujber@gmail.com 

d. Promosi
Promosi awal dilakukan dengan 100 pamplet untuk dishare lewat Medsos maupun disebarkan dengan cara dipasang di tempat-tempat strategi
e. Produksi
Pelanggan memberitahu komposisi dan baground produk untuk selanjutnya didesain dan diprint sesuai permintaan dari pelanggan.
f. Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat proses produksi selesai, dan evaluasi menyeluruh dilakukan setiap 1 minggu sekali. Evaluasi ini berupa hal-hal teknis yang masih kurang atau perlu diperbaiki lagi, dan evaluasi pelayanan pada pelanggan.

V. ANALISIS KEUANGAN
1. Investasi yang diperlukan (Kebutuhan Modal disertai perhitungannya)

Jasa Desain & Percetakan
Proyeksi Investasi Yang Diperlukan
Dalam Satu Tahun

No
Investasi yang diperlukan
Vol
Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)

Laptop
1
-
-

Sofware Desain
-
-
-

Print
-
300.000,-
300.000,-
Total
300.000,-

2. Penentuan Harga Pokok Penjualan (HPP)
Jasa Desain & Percetakan
Daftar Harga jual Produk

No
Produk
Harga (Rp)

Desain Spanduk
5.000

Desain Sertifikat
5.000

Desain Stiker
5.000

Desain Ping
5.000

Desain Kartu Nama
5.000

Desain X-Banner
5.000

Desain Poster
5.000

Desain Pamflet
5.000

Desain Cover
5.000

Desain Video Dokumenter
20.000

Transpotasi Percetakan Rp 10.000.00

VI. PERSONALIA DAN JADWAL KEGIATAN
1. Ketua Tim
Nama : Zainudin Ali Arsyad
Nim : 41032121141069
Fakultas : FKIP
Jurusan : Bahasa & Sastra Indonesia
Universitas : Universitas Islam Nusantara
2. Anggota
a. Nama : Saeful Mu’min
Nim : 41032121141038
Fakultas : FKIP
Jurusan : Bahasa & Sastra Indonesia
Universitas : Universitas Islam Nusantara

4. Kompetensi Sumber Daya Manusia
Usaha Digital Printing ini dikelola oleh 2 orang dengan spesifikasi sebagai berikut:
Masing-masing difungsikan sebagai marketer dan membantu
proses produksi.
5. Jadwal Kegiatan
Sesuai pesanan pelanggan

1 Response to "TUGAS KULIAH || Kewirausahaan. Jasa Desain Grafis dan Percetakan"

Kampus terkemuka said...

Thanks for the article really intresting